Rabu, 15 Mei 2013

Mengenal IDE Delphi 7

IDE (Integrated Development Environment) Delphi 7 atau lingkungan pengembangan terpadu merupakan lingkungan kerja Delphi 7 yang terbagi menjadi delapan bagian utama, yaitu :

1. Main Window

2. ToolBar

3. Component Palette

4. Form Designer

5. Object TreeView

6. Object Inspector

7. Code Editor

8. Code Explorer

IDE merupakan sebuah lingkungan di mana semua tombol perintah yang diperlukan untuk mendisain aplikasi, menjalankan dan menguji suatu aplikasi disajikan dengan baik untuk memudahkan pengembangan program.

1.2.1 Main Window

clip_image002

Gambar 1.2 : Main Window

Main Window atau jendela utama adalah bagian dari IDE yang mempunyai fungsi yang sama dengan semua fungsi utama dari program aplikasi Windows lainnya. Jendela utama Delphi 7 terbagi menjadi tiga bagian, yaitu :

a. Main Menu

b. Toolbar

c. Component Palette

Main Menu

clip_image004

Gambar 1.3 : Main Menu

Dengan menggunakan fasilitas dari menu utama (main menu), Anda dapat memanggil atau menyimpan program. Pada dasarnya semua perintah yang Anda berikan dapat ditemukan pada bagian menu utama ini.

1.2.2 Toolbar (Speedbar)

clip_image007
clip_image008

Gambar 1.4 : Toolbar

Delphi 7 memiliki beberapa toolbar yang masing-masing memiliki perbedaan fungsi dan setiap tombol pada bagian toolbar berfungsi sebagai pengganti suatu menu perintah yang sering digunakan. Pada kondisi default Delphi 7 memiliki tujuh bagian toolbar, antara lain: Standard, View, Debug, Custom, Componen Palette, Desktops dan Internet.

Tombol-tombol yang terletak pada bagian toolbar dapat ditambah atau dikurangi sesuai kebutuhan. Prosedur perintah yang dapat Anda gunakan untuk menambah atau mengurangi tombol pada bagian toolbar adalah :

1. Klik kanan pada bagian toolbar dan pilih Customize

clip_image010

 

Gambar 1.5 : Kotak Dialog Toolbar

2. Sehingga muncul kotak dialog Customize, lalu pilih tab Commands

clip_image012

Gambar 1.6 : Kotak Dialog Customize

3. Untuk menambah tombol pada bagian toolbar, pilihlah ikon tombol perintah yang terdapat pada kotak Commands kemudian tariklah ikon tersebut ke bagian toolbar. Bila telah selesai klik Close.

4. Untuk mengurangi tombol perintah yang terletak pada bagian toolbar, pilihlah ikon tombol perintah pada toolbar dan kemudian tarik ikon tersebut keluar dari toolbar.

clip_image013

1.2.3 Component Palette

clip_image015

Gambar 1.7 : Component Palette

Component Palette berisi kumpulan icon yang melambangkan komponen-komponen yang terdapat pada VCL (Visual Component Library). Pada Component Palette Anda akan menemukan beberapa page control seperti Standard, Additional, Win32, System, Data Access dan lain-lain seperti pada gambar 1.7. Icon component terdapat di setiap page control. Page control ini dipakai untuk memilih icon component.

1.2.4 Form Designer

clip_image017

 

Gambar 1.8 : Form Designer

Form merupakan suatu objek yang dapat dipakai sebagai tempat untuk merancang dialog program aplikasi. Form berbentuk sebuah meja kerja yang dapat diisi dengan komponen-komponen yang diambil dari Component Palette. Pada saat Anda memulai Delphi 7, Delphi 7 akan memberikan sebuah form kosong yang disebut Form1, seperti gambar 1.8 diatas ini.

Sebuah form mengandung unit yang berfungsi untuk mengendalikan form dan Anda dapat mengendalikan komponen-komponen yang terletak dalam form dengan menggunakan Object Inspector dan Code Editor.

1.2.5 Object Inspector

Object Inspector terdiri dari dua tab, yaitu Properties dan Events seperti gambar 1.9 dibawah ini. Pada awalnya yang kelihatan hanya tab Properties sedangkan tab Events tidak kelihatan, untuk menampilkan klik tab Events

clip_image019

clip_image021

Gambar 1.9 : Object Inspector

Object Inspector digunakan untuk mengubah properti atau karakteristik dari sebuah komponen pada posisi tab Properties, sedangkan pada posisi tab Events digunakan untuk memilih dan membuka events procedure.

1.2.6 Object TreeView

Object TreeView menampilkan diagram pohon dari komponen-komponen yang bersifat visual maupun nonvisual yang telah terdapat dalam form, data module, atau frame. Object TreeView juga menampilkan hubungan logika antar komponen. Apabila Anda mengklik kanan salah satu item yang terdapat di dalam diagram pohon, Anda dapat melihat konteks menu komponen versi sebelumnya. Untuk mengakses menu secara penuh, klik kanan pada komponen yang sama dalam form, data module, atau frame.

1.2.7 Code Editor

clip_image023Pada saat Anda memulai Delphi 7, code editor ini tidak kelihatan. Untuk menampilkannya klik icon Toggle pada toolbar sehingga code editor ditampilkan seperti gambar 1.10.

clip_image025

Gambar 1.10 : Code Editor

Code Editor merupakan tempat di mana Anda dapat menuliskan kode program. Pada bagian ini Anda dapat menuliskan pernyataan-pernyataan dalam Object Pascal. Satu diantara keuntungan bagi pengguna Delphi 7 adalah bahwa Anda tidak perlu menuliskan semua kode-kode program sumber, karena Delphi 7 telah menyediakan kerangka penulisan sebuah program seperti pada gambar 1.10.

1.2.8 Code Explorer

Code Explorer merupakan fasilitas baru yang terdapat di dalam Delphi 7 yang tidak ditemukan pada versi-versi sebelumnya. Code Explorer digunakan untuk memudahkan pemakai berpindah antar file unit yang terdapat di dalam jendela Code Editor. Untuk menutup Code Explorer, klik tanda cross yang terdapat di sudut kanan atas, dan untuk membukanya kembali pilih menu View à Code Explorer dari menu utama atau klik kanan dalam jendela Code Editor kemudian pilih View Explorer.

PopAds.net - The Best Popunder Adnetwork

iDevAffiliate - Manage Your Own Affiliate Program

iDevAffiliate - More sales, traffic and SEO!

iDevAffiliate - Installs in Minutes!

iDevAffiliate

c@h_bAguS==>Selamat Mencoba<==c@h_bAguS
 

0 komentar:

Posting Komentar

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner