Membandingkan kedua motor ini bak mempertandingkan olah raga Bulu Tangkis vs Tinju, benar-benar sungguh tidak adil. Akan tetapi izinkan BR untuk membandingkan dari sisi harga kaitannya dengan teknologi yang diusungnya .
Era tahun 1980 an, dikampung BR ada kesepahaman aneh saat memutuskan untuk meminang sebuah kendaraan roda 2. Memilih motor bebek dianggap banci, sedangkan jika memilih motor batangan kuatir dijalanan dianggap tukang ojek. Apalagi jika nunggangi motor RX King lebih sadis lagi yaitu dianggap binal, terlebih saat itu RX King sering digunakan untuk perampokkan. Oleh karenanya saat BR hendak meminang motor, pilihan dijatuhkan ke Vespa. Waktu itu Vespa dianggap elegan dan sopan dengan suaranya yang khas dan empuk, bisa dimuati banyak bawaan dan tidak pernah ada korban terkena knalpot Vespa. Alhasil, BR begitu lama menggunakan Vespa untuk wara-wiri kesana-kemari. Bahkan BR sampai hapal benar tiap lekukan bodynya.
Seiring dengan perkembangan zaman, Vespa mulai redup hingga industri perakitannyapun ditutup. Sisa-sisa kedigdayaan Vespa hanya tinggal kenangan dan jadi motor usang. Sebagai pelampiasannya motor Vespa sering dijadikan kreaatifitas dengan berbagai bentuknya modifikasinya.
Benarkah Vespa hilang dari muka bumi ini ? Ternyata tidak sodara-sodara. Vespa kini bangkit lagi dari tidurnya. Gambar di bawah ini adalah Vespa yang dipajang di Arena Pekan Raya Jakarta bulan juli 2012.
Arena Pekan Raya Jakarta Juli 2012
Tidak ada perubahan berarti pada species Vespa ini, semuanya masih seperti PX 150 jaman dulu kecuali bentuk dahboar yang membulat dan rem cakram di roda depannya. Coba saja intip bagian-bagian detail ini :
Masih sama dengan versi lama bukan ?
Coba identifikasi bagian mana yang membedakan dengan versi 80an ? Hanya velg depan saja yang beda bukan
Kopling sama juga bukan ?
Kick stater, bak perseneleng dan bagian lainnya masih versi lama bu
Yang mengalami perubahan hanya rem cakram dibagian depan dan head lamp sahaja
Yang mengalami ubahan cuma rem cakram, sedangkan lengan ayun dan shock depan masih sama
Meskipun tidak ada ubahan berarti pada PX 150 ini kecuali rem cakram dan dashboar, bahkan masih menggunakan karbu ini, tetapi pihak pabrikan sungguh percaya diri dengan membanderol harga Rp 60 juta.
Sekarang timbul pertanyaan, apakah harga Vespa ini yang terlalu mahal ataukah Ninja yang terlalu murah ?
Jadi adilkah Vespa berbanderol lebih mahal dibanding New Ninja ? Jika BR berminat meminang Vespa ini, cukup pada kisaran harga Rp. 20 juta an sahaja
0 komentar:
Posting Komentar