1. Identifiers
Adalah nama yang diberikan pada variable, fungsi, label, atau objek lain. Di dalam identifier bisa digunakan huruf A – Z, a – z, angka 0 – 9, dan karakter “_”. Karakter maksimal untuk identifier adalah 32 serta bersifat case sensitive.
2. Konstanta
Konstanta interger dan long interger ditulis dalam bentuk decimal (1234), dalam bentuk biner , dalam bentuk hexadesimal, serta dalam bentuk octal. Yang menjadi pembeda antara biner, hexadecimal, dan octal adalah awalannya. Untuk biner di awali “0b”, misal : 0b01010101. Untuk hexadecimal diawali “0x”, misal : 0xFF. Dan untuk octal di awali “o”, misal : o777.
Unsigned interger memiliki akhiran U (10000U)
Long Interger memiliki akhiran L (99L)
Unsigned long interger memiliki akhiran UL (99UL)
Floating point memiliki akhiran F (1.234F)
Konstanta Karakter harus berada di antara tanda kutip (‘a’)
3. Tipe Data
Tipe | Ukuran (bit) | Range |
Bit | 1 | 0, 1 (tipe data bit hanya dapat digunakan untuk variable global) |
Char | 8 | -128 – 127 |
Unsigned char | 8 | 0 – 255 |
Signed char | 8 | -128 – 127 |
Int | 16 | -32768 – 32767 |
Short int | 16 | -32768 – 32767 |
Unsigned int | 16 | 0 – 65535 |
Signed int | 16 | -32768 – 32767 |
Long int | 32 | -2147483648 – 2147483647 |
Unsigned long int | 32 | 0 – 4294967295 |
Signed long int | 32 | -2147483648 – 2147483647 |
Float | 32 | ±1.175e-38 – ±3.402e38 |
double | 32 | ±1.175e-38 – ±3.402e38 |
1. Operator
a. Operator kondisi
Operator Kondisi | Keterangan |
< | Kurang dari |
<= | Kurang dari atau sama dengan |
> | Lebih dari |
>= | Lebih dari atau sama dengan |
== | Sama dengan |
!= | Tidak sama dengan |
a. Operator Aritmatika
Operator Aritmatika | Keterangan |
+ | Penjumlahan |
- | Pengurangan |
* | Perkalian |
/ | Pembagian |
% | Sisa bagi |
a. Operator Logika
Operator Logika | Keterangan |
!! | Bolean not |
&& | Bolean and |
| | | Bolean or |
a. Operator bitwise
Operator Bitwise | Keterangan |
~ | Komplemen bitwise |
& | Bitwise and |
| | Bitwise or |
^ | Bitwise exclusif or |
>> | Right shift |
<< | Left shift |
a. Operator Assignment
Operator Assignment | Keterangan |
= | Untuk memasukan nilai |
+ = | Untuk menambah nilai dari keadaan semula |
- = | Untuk mengurangi nilai dari keadaan semula |
*= | Untuk mengalikan nilai dari keadaan semula |
/ = | Untuk membagi nilai dari keadaan semula |
% = | Untuk memasukkan nilai sisa bagi dari pembagian bilangan semula |
<<= | Untuk memasukkan shift left |
>>= | Untuk memasukkan shift right |
& = | Untuk memasukkan bitwise AND |
^ = | Untuk memasukkan bitwise XOR |
\ = | Untuk memasukkan OR |
1. Program Kontrol
a. Percabangan
Perintah if dan if else…
Rumus :
If (<ekspresi>) <statement>;
Sintaks perintah if…else…dapat dituliskan sebagai berikut :
If (<ekspresi>) <statement 1>;
Else <statement 2>;
Percabangan Switch
Rumus :
Switch (variable)
{
Case_konstanta_1: statementk
Break;
Case_konstanta_2: statementk
Break;
Case_konstanta_n: statementk
Break;
Default;
}
Looping (Perulangan)
Ada tiga perintah untuk looping, yaitu for, while, dan do while.
Rumus untuk “for” :
For (nama_variable = nilai_awal;syarat_loop;nama_variable ++)
{
Statement_yang_diulang;
}
//untuk pengulangan yang melakukan proses decrement
For (nama_variable = nilai_awal;syarat_loop;nama_variable ++)
{
Statement_yang_diulang;
}
Rumus untuk “while” :
Nama_variable = nilai_awal;
While (syarat_loop)
{
Statement_yang_akan_diulang;
Nama_variable++;
}
Rumus untuk “do while” :
Nama_variable = nilai_awal;
Do
{
Statement_yang_akan_diulang;
Nama_variable++;
}
While (syarat_loop)
1. Array
2. Fungsi
Untuk array dan fungsi akan dijelaskan pada tutorial berikutnya.
0 komentar:
Posting Komentar