Jumat, 21 Desember 2012

Bahasa C untuk AVR Atmega16

1. Identifiers

Adalah nama yang diberikan pada variable, fungsi, label, atau objek lain. Di dalam identifier bisa digunakan huruf A – Z, a – z, angka 0 – 9, dan karakter “_”. Karakter maksimal untuk identifier adalah 32 serta bersifat case sensitive.

2. Konstanta

Konstanta interger dan long interger ditulis dalam bentuk decimal (1234), dalam bentuk biner , dalam bentuk hexadesimal, serta dalam bentuk octal. Yang menjadi pembeda antara biner, hexadecimal, dan octal adalah awalannya. Untuk biner di awali “0b”, misal : 0b01010101. Untuk hexadecimal diawali “0x”, misal : 0xFF. Dan untuk octal di awali “o”, misal : o777.

Unsigned interger memiliki akhiran U (10000U)

Long Interger memiliki akhiran L (99L)

Unsigned long interger memiliki akhiran UL (99UL)

Floating point memiliki akhiran F (1.234F)

Konstanta Karakter harus berada di antara tanda kutip (‘a’)

3. Tipe Data

Tipe

Ukuran (bit)

Range

Bit

1

0, 1 (tipe data bit hanya dapat digunakan untuk variable global)

Char

8

-128 – 127

Unsigned char

8

0 – 255

Signed char

8

-128 – 127

Int

16

-32768 – 32767

Short int

16

-32768 – 32767

Unsigned int

16

0 – 65535

Signed int

16

-32768 – 32767

Long int

32

-2147483648 – 2147483647

Unsigned long int

32

0 – 4294967295

Signed long int

32

-2147483648 – 2147483647

Float

32

±1.175e-38 – ±3.402e38

double

32

±1.175e-38 – ±3.402e38

 

1. Operator

a. Operator kondisi

Operator Kondisi

Keterangan

<

Kurang dari

<=

Kurang dari atau sama dengan

>

Lebih dari

>=

Lebih dari atau sama dengan

==

Sama dengan

!=

Tidak sama dengan

 

a. Operator Aritmatika

Operator Aritmatika

Keterangan

+

Penjumlahan

-

Pengurangan

*

Perkalian

/

Pembagian

%

Sisa bagi

 

a. Operator Logika

Operator Logika

Keterangan

!!

Bolean not

&&

Bolean and

| |

Bolean or

 

a. Operator bitwise

Operator Bitwise

Keterangan

~

Komplemen bitwise

&

Bitwise and

|

Bitwise or

^

Bitwise exclusif or

>>

Right shift

<<

Left shift

 

a. Operator Assignment

Operator Assignment

Keterangan

=

Untuk memasukan nilai

+ =

Untuk menambah nilai dari keadaan semula

- =

Untuk mengurangi nilai dari keadaan semula

*=

Untuk mengalikan nilai dari keadaan semula

/ =

Untuk membagi nilai dari keadaan semula

% =

Untuk memasukkan nilai sisa bagi dari pembagian bilangan semula

<<=

Untuk memasukkan shift left

>>=

Untuk memasukkan shift right

& =

Untuk memasukkan bitwise AND

^ =

Untuk memasukkan bitwise XOR

\ =

Untuk memasukkan OR

 

1. Program Kontrol

a. Percabangan

Perintah if dan if else…

Rumus :

If (<ekspresi>) <statement>;

Sintaks perintah if…else…dapat dituliskan sebagai berikut :

If (<ekspresi>) <statement 1>;

Else <statement 2>;

 

Percabangan Switch

Rumus :

Switch (variable)

{

Case_konstanta_1: statementk

Break;

Case_konstanta_2: statementk

Break;

Case_konstanta_n: statementk

Break;

Default;

}

 

Looping (Perulangan)

Ada tiga perintah untuk looping, yaitu for, while, dan do while.

Rumus untuk “for” :

For (nama_variable = nilai_awal;syarat_loop;nama_variable ++)

{

Statement_yang_diulang;

}

//untuk pengulangan yang melakukan proses decrement

For (nama_variable = nilai_awal;syarat_loop;nama_variable ++)

{

Statement_yang_diulang;

}

 

Rumus untuk “while” :

Nama_variable = nilai_awal;

While (syarat_loop)

{

Statement_yang_akan_diulang;

Nama_variable++;

}

Rumus untuk “do while” :

Nama_variable = nilai_awal;

Do

{

Statement_yang_akan_diulang;

Nama_variable++;

}

While (syarat_loop)

1. Array

2. Fungsi

Untuk array dan fungsi akan dijelaskan pada tutorial berikutnya.

Nih sumbernya gan :

Adriyanto, Heri. 2008. Pemrograman Mikrokontroler AVR Atmega16 Menggunakan bahasa C (Code Vision AVR). Informatika Bandung

Download PDF Disini

c@h_bAguS==>Selamat Mencoba<==c@h_bAguS

0 komentar:

Posting Komentar

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner